Loading...

Senin, 25 April 2011

terbaru dari mikuni karbu

Mikuni TM 24 Samurai, Spesifikasi Khusus Untuk Mesin 4tak

Gemar ngoprek khususnya sepeda motor 4 tak? Kalau iya, karburator yang satu ini layak untuk dilirik. Karbu TM 24 keluaran Mikuni ini adalah versi Samurai, istimewanya punya beberapa keunggulan yang tidak ada pada Mikuni TM 24 versi reguler atau Mikuni TM 24 Sudco.

"Ada beberapa spesifikasi yang berbeda," buka Robert Chong dari Global Motorindo, distributor Mikuni TM Samurai di Indonesia. Misalnya desain air jet-nya berbeda.

Selain itu spesifikasi lainnya seperti nozzel, jarum dan piston skepnya juga beda. Jarum skep pakai kode 4J13 tidak seperti Mikuni TM Sudco yang pakai 5N13. Piston skepnya menggunakan ukuran 2,5mm.

Karburator ini juga lebih praktis saat hendak mengganti pilot jet. Enggak perlu membuka empat baut pengikat di mangkuk, tapi cukup buka satu baut di bagian bawah mangkuknya.

"Harga ecerannya sekitar Rp 1,4 jutaan,"

Sirkuit Subang Sangat Representative

April 24, 2011

(OtomotifZone.com) Secara letak geografis sirkuit subang sangat tepat dan pas. Lintasan sepanjang 1.118 meter ini dengan lebar rata-rata 8,5 m dan dengan panjang straight nya sekitar 100m. Namun ada juga yang mencapai lebar 12 meter dengan. Sirkuit dengan 13 tikungan ini  mempunyai trek berkarakter menanjak dan menurun.
Sangat representatif untuk gelaran balap motor sekelas Motoprix, Indoprix maupun Gokart. Makanya, gak heran kalau seri pembuka Kejurda Balap Motor Gubernur Cup dihajat disikruit Subang.
Sekedar informasi saja, bahwa berdirinya sirkuit Subang ini diprakarsai oleh bupati Subang Eep Hidayat yang juga menjadi ketua Subang Otomotif Club (SOC). Tentunya sang pemrakarsa mengharapkan sirkuit ini dapat digunakan sebaik mungkin.
“Sirkuit ini cukup untuk melatih skill dan mengukur kemampuan motor” papar M Khafid pembalap tim Vaska Racing Team Jateng yang hadir dalam seri pembuka Kejurda Gubernur Cup Jabar 2011 ini. (foto/penulis : edi/uung)

race kejurda imi jabar 2011

Kejurda Balap Motor IMI Jabar 2011

April 24, 2011

(OtomotifZone.com) Seri pembuka Kejuaraan Daerah Balap Motor pengprov IMI Jabar dilaksanakan di Sirkuit Permanen Subang Jawa Barat (23-24/11). Event yang bertajuk Kejurda Balap Motor Gubernur Cup 2011 kali ini berlangsung meriah. “Tahun ini kami selenggarakan sebanyak 5 seri, kami (IMI,red) hanya sebagai regulator untuk penyelenggaraan diserahkan kepada klub-klub event di daerah masing-masing” ucap Oke D Junjunan selaku ketua IMI pengprov Jabar.
Kelas wajib yang akan dilombakan disetiap serinya sebagai berikut, kelas bebek 125 cc 4 langkah tune up (MP1), bebek 110 cc 4 langkah tune up (MP2), bebek 125 cc 4 langkah tune up pemula A (MP3), bebek 110 cc 4 langkah tune up pemula A (MP4), bebek 125 cc 4 langkah standar pemula B (MP5), Matic s/d 130 cc 4 langkah standar open (MP7), dan matic s/d 150 cc (SM2). Kemudian adanya tambahan supporting race seperti scooter dan kelas sport.
Secara kualitas event IMI Jabar patut dapat acungan jempol. Karena memang beberapa faktor sangat mendukung, terutama dari segi sirkuit. Karena di beberapa kota di propinsi Jawa Barat ini sudah memiliki sirkuit yang permanen. Faktor pendukung berikutnya adalah animo pembalap. “Jabar adalah surganya pembalap, setiap gelaran balap motor pasti banjir peserta” ucap Beni Pria Nursandi selaku manajer tim Kawasaki CKP Titan Speed Tasikmalaya.
Tentunya, dengan semakin banyaknya event berkualitas di Jabar alhasil pembibitan pembalap akan berlangsung secara alamiah. Karena pembalap akan selalu terpacu untuk menjadi yang terbaik. (foto/penulis : edi/uung)

HASIL BALAP
Pos No Nama Asal Tim
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Seeded (MP1)
1 67 Irfan Chupenk Tasikmalaya Kawasaki CKP Titan Speed
2 43 Aris Aditya Bandung Hamosena FDR NHK Aditya
3 36 Bayu Aditya Bandung Artha Buana SHM Asia
4 76 Taufik SP Bandung Artha Buana SHM Asia
5 40 Ahmad Black Cimahi SHT Laut Indah Biru
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 110 cc Seeded (MP2)
1 142 Rifki Rahadian Sumedang Artha Buana SHM Asia
2 67 Irfan Chupenk Tasikmalaya Kawasaki CKP Titan Speed
3 2 Adi Aditya Bandung Putra Sawargi Bolkek
4 36 Bayu Aditya Bandung Artha Buana SHM Asia
5 25 Irvan Octavian Bandung Soul Imola Racing Line
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Pemula Plus (MP3)
1 84 M Sani Tasikmalaya SMK Pertiwi Kuningan
2 149 Wildan Fach Sumedang Kartika Junjunan HRP
3 117 Krisnovyan Sumedang Artha Buana SHM Asia
4 49 Venus Mareza Subang Padma Sa&Sal KRD
5 128 Asep Herdiansyah Kuningan Privateer
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 110 cc Pemula Plus (MMP4)
1 149 Wildan Fach Sumedang Kartika Junjunan HRP
2 185 Handi Maulana Tasikmalaya IFC Hegar HMS
3 117 Krisnovyan Sumedang Artha Buana SHM Asia
4 118 Aditya Pangestu Subang Daya Bank Jabar Golden
5 135 Adly M Taufik Subang Bima Eka Jaya
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 125 cc Pemula (MP5)
1 23 Andi Gilang Subang Daya Bank Jabar Golden
2 106 Rifki Fauzi Bandung Artha Buana SHM Asia
3 191 Ronny Kurniawan Tasikmalaya Privateer
4 18 Ucok Zaer Tasikmalaya Privateer
5 196 Bika Chibik Subang Vylli’s Buana
Kelas Bebek 4 Tak Standar 110 cc Pemula (MP6)
1 23 Andi Gilang Subang Daya Bankk Jabar Golden
2 27 Willy Ahadasi Sumedang Kartika Junjunan HRP
3 193 M Hafiz Subang Privateer
4 10 Dedi Kurniawan Karawang Privateer
5 198 Yudi Rahmat Subang Privateer
Skutik 130 cc Open (MP7)
1 54 Marsholandi Bandung BL BU Tobaacco
2 84 Sani Irawan Tasikmalaya SMK Pertiwi Kuningan
3 135 Adly M Taufik Subang Star Motor
4 26 Aggi Priangan Ciamis Rayhan Speed
5 142 Rifki Rahadian Sumedang Artha Buana SHM Asia
Skutik FFA Open
1 135 Adly M Taufik Subang Star Motor
2 115 Deden Gantar Bandung Privateer
3 37 Arief Rahmaladi Bandung Privateer
4 70 M Ramdan Cianjur Bien Racing
5 202 Andika Cianjur ARS Cianjur
Kelas Bebek 4 Tak Tune Up 110 cc Pemula Jabar
1 149 Wildan Fach Sumedang Kartika Junjunan HRP
2 10 Dedi Kurniawan Karawang Privateer
3 128 Asep Herdiansyah Kuningan Privateer
4 68 Surya Uya Kuya Cimahi Privateer
5 286 Roni Babnon Cimahi SHM KKCO
OMR Honda 125 cc Open
1 118 Aditya Pangestu Subang Daya Bank Jabar Golden
2 68 Surya Uya Kuya Cimahi Privateer
3 155 Yudi Wahyudi Ciamis Privateer
4 42 Gilang Indra Putra Indramayu Privateer
5 8 Ferry SP Subang Privateer

Kejurda jabar piala gubernur 2011

Kejurda Balap Motor Gubernur Jabar Cup

April 19, 2011

Jumat, 15 April 2011

Menang Balap Tak Pengaruhi Penjualan Sepeda Motor?


Saat ini, hampir semua ATPM sepeda motor di Indonesia terjun ke ajang balap. Yamaha, Honda, Suzuki hingga Kawasaki. Tapi apakah menang di balap, jaminan menang juga soal penjualan sepeda motor?

Misalnya Kawasaki yang Kawasaki Edge-nya juara Asia Road Racing Championship (ARRC) 2010. Begitu juga dengan Suzuki Smash dan Shogun atau Honda Blade dan Yamaha Jupiter yang image-nya di ajang balap cukup diperhitungkan.

"Enggak juga, efek di balap tidak seperti makan cabe yang bisa langsung terasa," ungkap Freddyanto Basuki, Marketing & Advertising Department Head PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

"Balap itu hanya untuk memantapkan basic image," lanjut pria murah senyum ini. Basic image ini setidaknya meyakinkan konsumen terhadap kualitas sebuah sepeda motor. Baik performa maupun durability-nya.

Hal yang sama juga disampaikan Suandi Widiarto, Deputy GM Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). "Pengaruhnya enggak besar," ungkapnya. Kalau pun ada pengaruh, hanya bisa dirasakan saat balapan digelar di daerah tertentu saja.

"Dalam jangka pendek efeknya cukup terasa. Tapi hanya terasa di daerah tempat penyelenggaraan balap itu saja. Kalau balap nasional hanya untuk image," jelas Suandi.

Sampai saat ini Suzuki masih aktif di balap. Beberapa tim Suzuki pun masih aktif di Indoprix, balap bebek paling bergengsi di Indonesia.

Urusan penjualan, memang masih banyak faktor lain yang menentukan. Mulai dari selera konsumen, daya beli, kebijakan pemerintah hingga kondisi perekonomian negara itu sendiri.

Yang terpenting adalah, lewat balap kualitas sepeda motor yang dijual jadi benar-benar terbukti!

Selasa, 12 April 2011

honda tersenyum di putran 3 motoprix

NHK CORSA MOTORPRIX 2011 PURWOKERTO SERI 3 – Honda Merajalela

April 10, 2011

OtomotifZone.com – Purwokerto, pada seri sebelumnya Yamaha menguasai medan sirkuit di dua gelaran seri Motoprix Indonesia. Nampaknya Honda unjuk gigi pada seri 3 NHK Corsa Motorprix 2011 di sirkuit GOR Satria Purwokerto (9-10/4) garapan BIO Racing Organizer. 4 kelas (MP2, MP3, MP4 dan MP6) dikuasai oleh tim pabrikan Honda, ini menjadi ancaman buat Yamaha bahwa dominasi tim-tim balap yang bertengger di bawah bendera Yamaha harus lebih waspada terhadap serbuan tim Honda tahun ini.
Tim-tim yang bernaung dibawah pabrikan Honda semakin yakin bahwa Honda akan meraih puncak teratas pada seri final nantinya. “Jujur saja persiapan kami sangat mepet untuk meriset motor, namun saya yakin seri kali ini akan meraih podium” papar Ahmad Jayadi manajer tim Honda Daya Denso Showa NHK Jayadi.
Terbukti tim yang dikomandoi oleh Ahmad Jayadi meraih hasil yang memuaskan lewat pembalapnya Alhdila Eka Darma di MP2. Penuh perjuangan memang, pasalnya Alhdila harus menghadapi tekanan yang diberikan oleh Asep Kancil Maulana dari tim SND KYT FDR selama beberapa lap akhir.
Apakah Honda sudah menemukan the dream team…? “Itulah satu harapan kami, sebuah tim yang akan membawa nama Honda berkibar di balap motor Indonesia” tutur Sugeng Budiarto dari Divisi Motosport PT. Astra Honda Motor (AHM). Bagaimana dengan pabrikan lainya…? (penulis/foto : uung)


HASIL LOMBA NHK CORSA MOTORPRIX 2011 REGION 2 PUTARAN III
MINGGU, 10 APRIL, SIRKUIT GOR SATRIA PURWOKERTO

BEBEK 4 LANGKAH 125 cc TU-SEEDED MP1
1. 67/Irvan Chupenk/Jabar/RC3 E.S2 KYT R9 Techno/Ymh
2. 98/Fedri Efendi/DIY/Ymh IRM TDR FDR NHK SND/Ymh
3. 93/Diaz Kumoro Jati     DIY/Yamaha TDR FDR Federal Oil NHK Yonk Jaya/Ymh

BEBEK 4 LANGKAH 110 cc TU-SEEDED MP2
1. 17/Alhdila Eka Darma/Jatim/Honda Daya Denso Showa NHK Jayadi/Hnd
2. 119/       Asep Kancil Maulana/Jabar/Yamaha SND KYT FDR/Ymh
3. 67/Irvan Chupenk/Jabar/RC3 E.S2 KYT R9 Techno/Ymh
BEBEK 4 LANGKAH 125 cc TU-Pemula MP3
1. 95/Sulung giwa/Jatim/Honda Aries Putra INK M150 Rextor/Hnd
2. 32/M.Zaki/Jatim/Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya/Ymh
3. 135/Tamy Pratama/Jabar/Yamaha SND KYT FDR/Ymh
BEBEK 4 LANGKAH 110 cc TU-PEMULA MP4
1. 95/Sulung giwa/Jatim/Honda Aries Putra INK M150 Rextor/Hnd
2. 135/Tamy PratamA/Jabar/Yamaha SND KYT FDR/Ymh
3. 32/M.Zaki/Jatim/Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya/Ymh
BEBEK 4 LANGKAH 125 cc STD-PEMULA MP5
1. 28/Rheza Danica/DIY/Yamaha Rextor GRM/Ymh
2. 08/Gerry Laurent/Jatim/Honda MPM Zuma/Hnd
3. 56/Galang Hendra/DIY/Yamaha TDR FDR Federal Oil NHK Yonk Jaya/Ymh
BEBEK 4 LANGKAH 110 cc STD-PEMULA MP6
1. 08/Gerry Laurent/Jatim/Honda MPM Zuma/Hnd
2. 28/Rheza Danica/DIY/Yamaha Rextor GRM/Ymh
3. 23/Aji Trisnawan/Jateng/Privateer/Ymh
SKUTIK S.D 130 cc-STD MP7
1. 171/Handi M/jabar/Privateer/Hnd
2. 148/Agus Chiken/Jabar/Techno Azka FWD/Hnd
3. 25/Bangga DS/Jabar/Rpm Product Imola Cas Vin Variasi/Ymh

Minggu, 10 April 2011

Motoprix seri 3 kualifikasi


OtomotifZone.com – Purwokerto, babak kualifikasi pada gelaran motorprix 2011 putaran ke 3 di Purwokerto tellah dilaksanakan. Adapun gelaran yang bertajuk NHK Corsa Motorprix 2011 ini memang beda dari gelaran tahun lalu.   Terutama dari segi lay out sirkuit yang berubah total. “Tahun ini arah putaran dibalik searah jarum jam, dengan jumlah tikungan sebanyak 9” papar Abraham Subhan dari IMI.
Persaingan memperebutkan waktu terbaik pun menjadi menarik dan memanas.  Dikelas MP 1 Fedri Efendi dari tim Yamaha IRM TDR FDR NHK SND memperoleh waktu terbaiknya dengan 49.144, disusul Dias Kumoro Djati dari tim Yamaha TDR Federal Oil NHK Yonk jaya dengan perolehan waktu 49.254.
Nampaknya persaingan pada hari Minggu yang merupakan babak semi final dan final akan menjadi sebuah tontonan yang sangat menarik dan seru. Mengingat selisih waktu yang diperoleh oleh masing-masing pembalap sangat tipis. Namun  berarti dengan memperoleh waktu terbaik akan menuai juara, sirkuit penuh keajaiban bung… (penulis/foto : uung)
Hasil QTT Motorprix 2011
MP1
  1. 98/Fredi Efendi /Yamaha IRM TDR FDR NHK SND/49.144
  2. 93/Dias Kumoro Djati/Yamaha TDR FDR Fedelar Oil NHK Yonk Jaya/49.254
  3. 17/Alhdila Eka Darma/HND Daya Denso Showa NHK Jayadi/49.460
  4. 13/Juni AS/HND Aries Putra INK M150 Rextor/49.483
  5. 67/Irfan Chupenk/RC 3 E KYT Techno/49.497
MP2
  1. 17/Alhdila Eka Darma/HND Daya Denso Showa NHK Jayadi/49.507
  2. 108/Adi Bontot/Yamaha Yamalube TDR FDR BKMS SNT MDR/49.515
  3. 119/Asep Maulana/Yamaha SND KYT FDR/49.686
  4. 166/Kiki Sidqi/Cardglos AHRS/50.078
  5. 84/R. Aludona/HND Daya SBM INK IRC SND/50.160

Senin, 04 April 2011

Stoner frustasi akan marshal


Stoner Frustasi karena Tidak Dibantu Marshal
Stoner berang setelah penjaga sirkuit di pinggir justru lebih membantu Rossi.
Senin, 4 April 2011, 01:33 WIB
Irvan Beka
Casey Stoner (AP Photo/ Francisco Seco)
VIVAnews - Pembalap Honda Casey Stoner gagal menyelesaikan balapan MotoGP Spanyol hari Minggu, 3 April 2011. Ia terjatuh setelah motornya disenggol Ducati Valentino Rossi yang lebih dulu mencium aspal.

Stoner bisa menerima kecelakaan yang menimpanya walau mengakibatkan ia gagal finish. Namun ia menyesalkan kenapa tidak ada marshal (petugas sirkuit) yang cepat membantunya sesaat setelah jatuh.
Klik di sini untuk hasil lomba

"Itu adalah kecelakaan dan tak banyak yang bisa lakukan. Tapi yang membuat frustasi adalah reaksi dari marshal yang membantu Rossi tapi tidak membantu saya," kata Stoner.

Saat tersisa 21 lap, Rossi kehilangan keseimbangan dan jatuh. Motornya mengenai ban depan Stoner. Kedua mantan juara dunia MotoGP itu akhirnya jatuh bersamaan. Casey Stoner dilewati Valentino Rossi di Jerez

Stoner berang setelah penjaga sirkuit di pinggir justru lebih membantu Rossi untuk mendorong motor ketimbang dirinya. Rider asal Australia itu akhirnya tidak bisa melanjutkan balapan sedangkan Rossi bisa finish di posisi kelima.
• VIVAnews

Hayden-Ducati motoGP

AFP/JORGE GUERRERO Pebalap Ducati, Nicky Hayden.
JEREZ, Kompas.com - Nicky Hayden merasa beruntung, balapan seri kedua MotoGP 2011 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (3/4/11), sempat didahului hujan sehingga trek menjadi basah. Pasalnya, dalam kondisi tersebut dia akhirnya bisa naik podium setelah finis di posisi tiga.
"Banyak terima kasih kepada timku. Ini bukan awal yang mudah bagi kami untuk menghadapi musim baru, tetapi tim bekerja sangat keras, semua orang penuh komitmen, dan semua sponsor kami serta orang-orangnya berada di belakangku
-- Nicky Hayden
Menurut mantan juara dunia 2006 tersebut, performa Ducati lebih mantap di sirkuit yang basah. Seandainya trek di Jerez kering, tambah pebalap asal Amerika Serikat tersebut, sangat kecil kemungkinan baginya untuk bisa naik podium.
Hayden mengawali balapan dari posisi 11 setelah kemarin menjalani sesi kualifikasi dengan buruk. Tetapi saat balapan, mantan pebalap Honda ini berhasil menyodok ke depan dan akhirnya finis di posisi tiga. Sempat berada di urutan lima, dia tertolong oleh kecelakaan yang dialami Ben Spies (Yamaha) dan Colin Edwards (Yamaha Tech 3).
"Terlalu buruk hujan... yah, benar!" canda Hayden. "Tetapi sejujurnya, saya tidak berpikir akan berada di sini (posisi tiga) jika trek kering, sehingga kami akan meraihnya ketika kami mampu mendapatkannya."
Hayden juga menegaskan, Ducati merupakan salah satu motor paling cepat saat tampil di sirkuit yang basah.
"Pada awalnya kami bagus--saya pikir motor kami sangat kuat pada beberapa lap awal ketika sirkuit basah. Teman, saya tersenyum," ujar Hayden.
"Ketika mulai kering, saya mulai mengalami kesulitan, terutama beberapa lap terakhir. Saya mengetahui beberapa tips dan itu membantu saya, sehingga kami naik podium."
Hayden juga berterima kasih kepada Ducati, atas kerja keras dan dukungan mereka, sehingga saat balapan ini mereka tak terlalu jauh tertinggal dari Honda dan Yamaha.
"Banyak terima kasih kepada timku. Ini bukan awal yang mudah bagi kami untuk menghadapi musim baru, tetapi tim bekerja sangat keras, semua orang penuh komitmen, dan semua sponsor kami serta orang-orangnya berada di belakangku," tegas Hayden.

Lorenzo samai rekor alex criville

Foto: Jorge Lorenzo/Reuters
Foto: Jorge Lorenzo/Reuters
JEREZ - Jorge Lorenzo menyamai 15 kali rekor kemenangan mantan pembalap Alex Criville. Lorenzo menjadi pembalap kedua dari Spanyol yang meraih sukses di MotoGP.

Hebatnya dari lima pembalap yang terdepan di Sirkuit Jerez (Casey Stoner, Lorenzo, Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso dan Ben Spies), Lorenzo merupakan satu-satunya pembalap yang tidak terjatuh dalam balapan MotoGP Spanyol, Minggu kemarin.

Kombinasi yang pas dari kecepatan dan kesabaran, ternyata menjadi kunci keberhasilan Lorenzo menjadi yang terbaik di Sirkuit Jerez. Kini, bintang Yamaha Racing itu memuncaki klasemen sementara MotoGP, sekaligus unggul sembilan poin dari Dani Pedrosa.

Praktis, ini adalah kemenangan pertama Lorenzo di lintasan basah. "Ini merupakan balapan yang paling sabar yang pernah saya lakukan. Ini kemenangan yang sangat luar biasa, dimana kami butuhkan dan saya merasa sangat senang," lanjutnya dilansir Crash.net, Senin (4/4/2011).

"Ini juga menjadi kemenangan pertama saya di lintasan basah, pertama kalinya. Kini, kami bisa fokus untuk meningkatkan performa motor kami, sehingga bisa meraih banyak poin pada balapan selanjutnya," tambah juara bertahan MotoGP itu.

"Raja Spanyol sempat berkata, saya akan menemukan keberuntungan, setelah bertemu di Madrid, Febuari lalu, ternyata dia benar. Dengan kompetisi yang sangat ketat, saya tak membayangkan bisa memimpin klasemen MotoGP," tandasnya.

vidio kecelakaan rossi-stoner di jerez


VIDEO: Kecelakaan Rossi-Stoner di Jerez
Perjuangan Rossi-Stoner terganggu ketika keduanya terjatuh saat lomba menyisakan 21 lap.
Senin, 4 April 2011, 12:51 WIB
Amril Amarullah
Valentino Rossi di Sirkuit Losail Qatar (AP Photo/Hassan Ammar)
VIVAnews - Rider Yamaha, Jorge Lorenzo, menjuarai MotoGP Spanyol melalui balapan yang dramatis, Minggu 3 April 2011. Casey Stoner gagal finis, sedangkan Valentino Rossi meraih posisi kelima meski sempat kecelakaan.

Perjuangan Rossi maupun Stoner terganggu ketika keduanya terjatuh saat lomba menyisakan 21 lap lagi. Saat itu, Rossi berniat hendak menaklukkan tikungan, namun tergelincir dan terjatuh. lihat videonya disini.

Saat jatuh motor Rossi mengenai bagian depan motor Stoner yang kebetulan berada di belakangnya. Akibatnya, Stoner yang kini membela tim Respol Honda ikut terjungkal.
Saat jatuh, Rossi langsung mendapat bantuan dari marshal lomba yang ada di pinggir lintasan. Juara dunia Moto GP tujuh kali itu pun berhasil melanjutkan lomba sampai akhirnya finish di posisi kelima.

Sebaliknya, Stoner tak bernasib semujur Rossi. Mantan juara dunia 2007 itu harus berjuang sendiri untuk mengembalikan sepedamotornya ke lintasan namun gagal sehingga tak bisa melanjutkan balapan.

Lorenzo pembalap spanyol tersukses

Lorenzo Jadi Pebalap Spanyol Tersukses
Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Senin, 4 April 2011 | 16:34 WIB
Dibaca: 2340
AFP Jorge Lorenzo mendapat ucapan selamat dari Raja Spanyol, setelah dia memenangi GP Spanyol yang penuh drama, Minggu (3/4/11).
JEREZ, Kompas.com - Jorge Lorenzo menyejajarkan dirinya dengan Alex Criville sebagai pebalap Spanyol yang paling sukses dalam sejarah di kelas paling bergengsi, 500cc/MotoGP, setelah mencatat kemenangan ke-15 di kelas premier. Pebalap Yamaha ini pun menjadi orang pertama yang berstatus juara bertahan, dalam balapan penuh drama di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (3/4/11).
Raja Spanyol mengatakan kepadaku, bahwa dia akan membawa keberuntungan bagiku setelah pertemuan kami di Madrid pada Februari lalu. Ternyata, dia benar!
-- Jorge Lorenzo
Dari lima pebalap terdepan hingga akhir lap pertama di GP Spanyol tersebut--Casey Stoner, Lorenzo, Marco Simoncelli, Andrea Dovizioso dan Ben Spies--hanya Lorenzo yang berhasil mencapai garis finis tanpa gangguan. Para rivalnya tersebut harus mengalami nasib sial karena jatuh, akibat trek yang licin menyusul hujan yang mengguyur sebelum balapan.
Kombinasi yang sempurna antara kecepatan dan kesabaran menjadi kunci keberhasilan Lorenzo untuk meraih kemenangan. Mantan juara dunia dua kali kelas 250cc ini pun berhasil meraih kemenangan kedua secara beruntun di Jerez, dan membawanya memimpin klasemen sementara dengan keunggulan sembilan poin atas pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, yang finis kedua--tetapi selisih waktunya jauh, 19 detik, dari Lorenzo.
Ini juga menjadi kemenangan pertama Lorenzo di trek basah. Sebelumnya, dia selalu mengalami kesulitan jika bertarung di atas lintasan yang licin.
"Ini menjadi salah satu balapan yang membutuhkan sangat banyak kesabaranku. Ini merupakan kemenangan hebat, yang kami butuhkan dan saya merasa begitu bagus. Ini juga untuk pertama kalinya saya meraih kemenangan di kondisi basah, pertama kalinya!" ujar Lorenzo, yang finis di posisi dua (di belakang Stoner) pada seri perdana di Qatar.
"Sekarang kami sedang bekerja untuk memperbaiki motor, meraih poin sebanyak mungkin.
"Raja Spanyol mengatakan kepadaku, bahwa dia akan membawa keberuntungan bagiku setelah pertemuan kami di Madrid pada Februari lalu. Ternyata, dia benar! Dengan persaingan yang sangat tinggi tahun ini, saya tidak pernah membayangkan akan menjadi pemimpin setelah dua seri."
Rasa senang juga diperlihatkan manajer tim, Wilco Zeelenberg. Dia mengakui, balapan tersebut sangat fantastis dan sulit bagi semua pebalap, tetapi Lorenzo berhasil menyelesaikan pekerjaannya dengan sempurna, sehingga bisa membawa hasil yang fantastis.
"Bagi Jorge, jadi pemimpin klasemen setelah melewati dua seri, seperti yang dilakukan pada tahun lalu. Dengan kompetisi yang kami hadapi sekarang, maka ini adalah sebuah mimpi. Kami menantikan seri berikutnya di Estoril, yang juga merupakan trek favoritnya."
Criville memenangkan 15 seri kelas 500cc dan satu kali menjadi juara dunia dalam 10 tahun kariernya di kelas premier. Sedangkan Lorenzo, tahun 2011 merupakan musim keempatnya di ajang MotoGP, dan saat ini berstatus juara bertahan.
Pedrosa menempati peringkat dua pebalap Spanyol yang paling sukses. Pebalap Repsol Honda ini meraih 12 kemenangan di kelas MotoGP.

Mio 6,8 detik

Mio Thailand Tembus 6,8 Detik


Di kelas Super Open atawa FFA Matik s/d 350 cc, Yamaha Mio yang dibesut Napat Changpai ini tembus 6,8 detik. Itu di event TDR Racing Super Open International (TRSOI) di Sirkuit Tepnakorn, Thailand (11/12). Padahal boleh dibilang teknologi yang diusung tak jauh beda dengan apa yang tunner Tanah Air pakai buat di lintasan lurus 201 meter.

Misalnya, seperti piston. Karena adanya kebebasan isi silinder hingga 350 cc, maka seher diamater 70 mm dipasang ke linner. “Lebih suka pakai piston ini. Karena untuk power lebih bagus dan bisa pakai klep besar,” bilang Witthaya Chamnanwat, mekanik tim Dangmahachai asal Thailand ini.

Memang! Piston besar, tentu juga butuh klep yang juga sesuai kebutuhan gas bakar dan buang. Maka itu, pria yang rambutnya dikelir pirang ini andalkan klep 34 mm (in) dan 30 mm (ex). Begitunya proses laju gas jadi lancar.

Pilihan bahan klep juga enggak sembarang. Witthaya Chamnanwat memilih klep material titanium. Tapi sayang, doi enggak sebutkann apa mereknya.

Hal yang sama juga terjadi di kem! Mungkin takut dicontek atawa ditiru, doi ogah bilang soal bukatutup durasi noken as. “Pokoknya lift klep dibikin jadi 8 mm,” bilangnya.

Lewat pemakaian bore yang membengkak, stroke juga ikut dipanjangkan. Doi menggeser pen kruk as sejauh 13 mm. Itu artinya, naik-turun jadi 26 mm. So, total stroke jadi 83,4 mm.

Dibulatkan, 84 mm. Kapasitas silinder sekarang jadi 323 cc. Buat setang piston, dia andalkan merek TDR yang panjangnya 120 mm. Oh iya! Blok silinder usung yang punya bahan campuran keramik. (motorplus-online.com)

Bicara Hal Lain

Sayang, Witthaya Chamnanwat enggak terlalu mau buka-bukaan banyak soal racikan mesin. Cuma seperlunya doang.

Maklum, karena tidak sedikit pedagang dari Indonesia yang suka beli mesin drag di Thailand. Makanya, dia baru mau cerita keseluruhan jika mesin ini dibeli. Walahhh, pedagang?

Begitunya ada sedikit lagi part yang mau diceritakan. Misalnya, dari CDI. Cukup ndalkan otak pengapian merek AP Itac. Lalu part pengabut bahan bakar dan udara, doi pakai Keihin PWK yang dibuat jadi 34 mm.

Paling terlihat, saluran buang. Pacuan yang sudah punya isi silinder 323 cc ini mengaplikasi leher knalpot diameter besar. Yaitu, 32 mm. So, sisa gas buang yang dihasilkan lancar.

Soal daya tahan engine, bisa dibilang kuat. Karena mesin dipacu tak hanya satu atau dua kali saja. Dengan perbedaan sistem balap seperti di Indonesia, engine bisa dipacu hingga lebih dari lima kali dalam satu kali event lho.

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Vee Rubber 60/80-17
Ban belakang : Vee Rubber 45/90-17
Sok belakang : YSS
Kaliper rem : Brembo
Sasis : Aluminium

super bike listrik

Wow, Superbike Listrik Chip Yates Tembus 240 Dk!


Yang bilang sepeda motor listrik tidak bertenaga harus segera merevisi ucapannya. Pasalnya, sebuah superbike bertenaga listrik buatan Chip Yates ini mampu tembus 240 dk saat diukur di atas dynometer.

"Kami berhasil memperolerh 240 dk dan top speed penuh turun di samping memukul kecepatan tertinggi 227 Mil/Jam (365 Km/Jam)," senang Chip Yates, pembalap yang juga otak dibalik pengembangan motor listik super kencang ini.

"Ini bukan kecepatan dalam kondisi nyata dengan koefisien drag sesungguhnya, Tapi kita percaya top speed-nya tetap sangat tinggi," jelasnya. Wah, hasil ini jelas melebihi superbike bermesin konvensial seperti Yamaha YZR-R1 atau Honda CBR1000R dalam kondisi full racing.

Pengembangan terakhir yang menjadikan motor berwarna kuning ini sangat power full dilakukan sebagai persiapannya menghadapi balap naik gunung "89th Pikes Peak International Hill Climb" di Colorado bulan Juni 2011 mendatang.

Sebelumnya, superbike listik ini sukses finish di podium ke dua dan tiga dalam WERA Heavyweight Twins Superbike Races di Auto Club Speedway, California. Musuhnya tentu saja superbike 1000cc.

Uniknya, superbike yang dibekali dengan electric motor berpendingin air dari UQM Technologies ini dibuat oleh tim kecil dibawah pimpinan Chip Yates. Salut

Djarum 76 trail game

Djarum 76 Trial Game, Balap Semanis Ledre Bojonegoro


Bojonegoro yang dikenal dengan sebutan kota Ledre menjadi tuan rumah seri kedua gelaran Djarum 76 Trial Game (1-2/4). Ledre adalah makanan sejenis keripik yang berbahan baku pisang raja. Rasanya manis, mantab bin maknyus lah rasanya. Gak percaya? Silakan buktikan sendiri datang ke Bojonegoro.

Daripada ngiler kepingin ledre, mending kembali ke soal gelaran Trial Game di lapangan Sukorejo Bojonegoro. Mungkin di seri kedua ini Deny Orlando sudah merasakan manisnya Trial Game. Bahkan, bisa-bisa lebih manis dibandingkan dengan ledre itu tadi. Lha bagaimana tidak, crosser bernomor 1 ini berhasil menyabet juara umum periode.

“Seperti tahun lalu. Setiap 2 seri berurutan kita akan menjumlah point para pembalap. Dan yang pointnya paling tinggi akan mendapat hadiah 1 unit motor minimoto Monstrack," terang Ir. Jims Sudaryanto yang menjabat sebagai racing commite.

"Dan di akhir seri tentu akan ada juara umum periode final hadiah utamanya adalah 1 unit mobil pick up,” lanjut pria yang bergabung di tim Genta Auto & Sport, promotor seluruh gelaran Djarum 76 Trial Game.


Selain juara 1 yang diganjar minimoto, perhitungan point juara umum periode ini total diambil 5 jawara. Dimana untuk juara 2 sampai 5 akan dihadiahi amplop yang isinya uang tunai. Ya iyalah, amplop doang buat apaan? hehee...

Untuk perincian isi amplop itu tadi yakni 4 juta untuk juara 2, 3 juta buat juara 3, 2 juta bagi pemenang juara 4 dan 1 juta masuk kantong penyabet urutan 5. Benar-benar semanis ledre nih.

Denny Orlando masih menjadi yang terkuat dalam 2 seri Trial Game yang sudah berjalan ini. “Total point yang saya raih dalam 2 seri yakni Jember dan Bojonegoro adalah 50 point. Jadi sukurlah saya yang berhak atas 1 unit minimoto,” bilang Denny menyisihkan Aris Setyo saingan kuatnya yang memperoleh total 44 point.

Jadi, untuk perhitungan juara umum periode ini berakhir di Bojonegoro. Sedangkan seri berikutnya di Tulungagung seluruh peserta akan memulainya dari nol lagi. Seluruh point untuk kategori juara umum periode ini dihapus.

“Berarti perhitungan point juara umum periode berikutnya adalah 2 seri ke depan yakni Tulungagung dan Lumajang,” tambah Jims.

Mesin honda CBR

Yuks, Intip Isi Kepala Silinder Honda CBR250R

Satu bumbungan camshaft langsung menekan dua kem dengan bantuan rocker arm
Mesin Honda CBR250R berkonfigurasi satu silinder, DOHC (double overhead camshaft), empat klep tapi punya rocker arm. Agak nyeleneh, pasalnya rocker arm ini biasanya ada pada mesin SHOC (single overhead camshaft). Seperti apa ya bentuknya? Yuks langsung bongkar aja!

Pertama, buka dulu cover silinder head Honda CBR250R. Setelah tutup bagian atas ini terbuka, semua komponennya akan langsung terlihat jelas. Posisi camshaft dan rocker arm serta batang atas klep dan per klep akan langsung tampak.

Nah, yang mengagetkan adalah bentuk camshaft-nya tidak seperti camshaft mesin DOHC pada umumnya. Di Suzuki Satria 150FU misalnya, terdapat dua camshaft, tiap camshaft memiliki dua bumbungan. Dua bumbungan di camshaft saluran isap akan langsung menggerakan dua klep masuk, begitu juga dengan dua bumbungan di saluran buang akan menggerakan dua klep buang.

Tapi pada Honda CBR250R, tiap camshaft hanya memiliki satu bumbungan. Satu bumbungan ini kemudian menggerakan dua klep sekaligus. Bagaimana cara satu bumbungan camshaft dan dua klep terhubung? Ya, dengan bantuan rocker arm tadi.

Ada beberapa alasan kenapa Honda memilih menggunakan desain yang baru pertama kali diaplikasikan pada sepeda motor ini. "Yang pertama terkait dengan efisiensi ruang pembakaran dengan mengurangi bobot dan gesekan," jelas Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, PT Astra Honda Motor (AHM).

Dengan satu bumbungan, gesekan pada camshaft akan berkurang. Tapi kan ada rocker arm apakah tidak malah menambah gesekan? Tenang, rocker arm sudah dilengkapi dengan roller, yang artinya gesekan antara bumbungan camshaft dan rocker arm bisa dikurangi.

Yang paling penting adalah tekanan yang dibebankan camshaft untuk menekan per klep jadi jauh berkurang. Rocker arm disini diibaratkan sebuah pengungkit, bila menganggat beban dengan pengungkit pasti lebih ringan!

Jadi jangan heran bila Honda tetap pede hanya menggunakan satu bumbungan pada camshaft untuk menekan dua klep beserta per-nya. Hasilnya tentu saja mesin berkitir lebih ringan dengan gesekan yang jauh lebih sedikit.

Honda juga bersikukuh menggunakan konstruksi DOHC ber-rocker arm karena terkait dengan sudut klep, bentuk port atau salurang masuk dan buang, serta bentuk combustion chamber atau ruang pembakaran. Honda menyebut saluran porting Honda CBR250R dengan istilah cross-sectional.

Satu lagi, konstruksi ini juga memudahkan perawatan. "Dengan desain kepala silinder seperti ini, untuk melepas atau mengganti shim tidak perlu lagi melepas camshaft," jelas Endro. Untuk tips yang satu ini, Motorplus-online akan membahasnya sendiri, sabar ya.

Sudah dilengkapi dengan rantai keteng tipe silent dan metal duduk pada laher as camshaft
Oiya hampir kelewat, camshaft Honda CBR250R ini juga sudah tidak menggunakan bearing konvensional (model bambu atau ball). Tapi telah menggunakan metal duduk seperti yang digunakan pada kruk as-nya. Rantai ketengnya pun sudah menggunakan tipe SV Chain (Silent Cam Chain) yang mampu mereduksi noise.

Jumat, 01 April 2011

Jadwal motor GP 2011

Jadwal motoGP 2011 FIM

March 14, 2011

Berikut ini jadwal motogp 2011 yang telah dirilis FIM (Federasi Balap Motor Internasional):
  • Maret 20: Qatar (Losail)
  • April 3: Spain (Jerez)
  • April 24: Japan (Motegi)
  • Mei 1: Portugal (Estoril)
  • Mei 15: France (Le Mans)
  • Juni 5: Catalunya (Barcelona)
  • Juni 12: Britain (Silverstone)
  • Juni 25: Holland (Assen)
  • Juli 3: Italy (Mugello)
  • Juli 17: Germany (Sachsenring)
  • Juli 24: United States (Laguna Seca)
  • Agustus 14: Czech Republic (Brno)
  • Agustus 28: Indianapolis (Indianapolis)
  • September 4: San Marino (Misano)
  • September 18: Aragon (Alcaniz)
  • Oktober 16: Australia (Phillip Island)
  • Oktober 23: Malaysia (Sepang)
  • November 6: Valencia.

Agenda kejurda gasstrack Djarum coklat extra

AGENDA KEJURDA GRASTRACK JAWA BARAT REGION 1

March 17, 2011

INFORMATION :
MONTESZ SPORT CLUB
Jl. KH.Soleh Ali No. 58 Tangerang
Telp. 021-55798877
CP. 081388654321 (Kresna)
0818864729 (Deden)