Kawasaki Edge 2010, Kurang Capai Suhu Ideal
Namun begitu, pembalap asal Kalimantan Barat ini peraih superpole di kelas ini.
“Saya akui Kawasaki agak sulit kalau cuma turun balap sendiri meski kemampuannya sejajar. Dan salah satu faktor penyebab motor Hadi kurang maksimal, saat race tidak warming up lantaran harus menerima hadiah superpole,” sesal Ibnu Sambobo yang biasa dipanggil Pak De.
Padahal kalau sempat pemanasan, diakui tunner Manual Tech asal Jogja ini suhu mesin sudah mencapai ideal untuk putaran awal, yaitu sekitar 105 sampai 130°. Tapi, kalau masih di bawah itu, pembakaran masih belum efektif alias masih cenderung kaya.
“Benar saja. Karena tidak pemanasan, lap 3, suhu mesin di data logger masih di angka 98°. Padahal yang diharapkan sampai akhir lap, tenaga makin sempurna karena suhu mesin akan naik 5° setiap lap,” kenang mekanik pendiam ini.
Diakui Ibnu, sejatinya mesin dibikin setingan aman. Seperti menerapkan rasio kompresi 12,4 : 1 lantaran konsumsi fuel racing Elf yang oktanya lebih rendah dibanding bensol biru.
Apalagi gas bakar dari karburator PWK Sudco 28 yang dialirkan spuyer 55 (pilot-jet) dan 122 (main-jet). Debitnya diatur kem durasi 174° klep in dan out .
Bahkan untuk perbandingan gir reduksi berat yaitu 15/38, dipaparkan Ibnu kalau motor Hadi masih kurang responsif melibas tikungan S kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
ok gan,,,,